dokter skripsi, skripsi machine learning, build apk android studio, android manifest, google downloader, windows server 2019 download, windows installer, windows server 2016 download, tiktok

KETAN SERUNDENG IKAN GABUS

? KETAN SERUNDENG IKAN GABUS ?

Bahan : 
1 liter beras ketan putih
600 ml santan agak kental 
( Tergantung jenis ketannya )
1/2 sdt Garam 

Cara : 
Cuci bersih beras ketan. Rendam 3-4 jam, lalu kukus selama 20 menit ( saat beras dimasukkan air dalam kukusan sudah dalam keadaan mendidih). 
Sambil menunggu ketan matang, masak santan bersama garam sampai mendidih. 
Keluarkan beras ketan dari kukusan. Aroni ketan dengan cara memasukkan ke dalam wadah. Lalu siram sedikit demi sedikit dengan santan mendidih. Aduk rata dan test rasa. Tutup dan biarkan 15 menit sampai santan terserap oleh beras ketan. 
Didihkan air dalam kukusan. Kukus kembali beras ketan yang telah di aron tadi sekitar 30 menit sampai lembut dan matang.

SERUNDENG KELAPA IKAN GABUS

Bahan :
1Kg Ikan gabus di kukus terlebih dahulu. ( ambil daging ikan gabus dan pisahkan durinya )
1 butir kelapa setengah tua (parut) 
150gr Gula merah 
4-5 sdm gula pasir
1/2 sdt garam

5 lembar daun jeruk buang tulangnya 
1 sdm air asam jawa 

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
4 siung bawang putih
1 cm kunyit
1 cm kencur 
10 buah cabe merah
3 buah cabe rawit (sesuai selera) 
1 sdm ebi cuci dengan air panas
( Boleh tidak pakai ya) 
1 batang serai (geprek) 

Cara Membuat :

Sangrai kelapa dan daging ikan gabus dengan api kecil sampai kering dan berwarna kecoklatan, Sisihkan. 
Panaskan minyak sedikit. Tumis bumbu halus bersama daun jeruk, dan sereh sampai harum. Masukkan gula merah dan garam. Beri sedikit air, masak sampai gula larut dan airnya menyusut. 
Masukkan kelapa parut dan daging ikan gabus yang sudah digoreng tadi. Aduk sampai tercampur rata dengan bumbu. Test rasa, masak dengan api kecil sambil diaduk2 sampai kering. Angkat, biarkan suhu ruang. Simpan dalam toples/wadah kedap udara. Kalo suka serundeng yang teksturnya lebih halus boleh tumbuk sebentar. 
Kalau suka tekstur serundeng yg ada butiran gula putih boleh tambahkan gula putih di serundeng yang sudah jadi, nanti pas di makan. Ada sensasi manis dari gula putihnya. 

Selamat mencoba??