dokter skripsi, skripsi machine learning, build apk android studio, android manifest, google downloader, windows server 2019 download, windows installer, windows server 2016 download, tiktok

Ubi Panggang

Ubi Panggang

Dulu, bapak saya sering buat ubi panggang. Panggangnya tidak di oven, tapi di dalam tungku perapian tradisional atau biasa disebut pawonan. Setelah tungku selesai digunakan untuk memasak biasanya akan ada sisa bara api dan abu. Nah, ubi ini dimasukkan ke dalamnya, ditimbun dengan abu panas dan bara api, tunggu deh sampai matang.

Sekarang, kalau mau ubi panggang banyak yang jual, ya. Tidak perlu repot-repot bikin sendiri. 

Tapi saya suka yang repot bikin sendiri, hehe… Berkali-kali bikin tetap jadi favorit. Kalau bisa bikin sendiri kenapa tidak.

Bahan:
– 1 kg ubi jalar jenis dan warna apapun, lebih enak ubi madu. Pilih ukuran 4-5 buah/kg, cuci bersih, kulitnya disikat agar sisa tanah terangkat.

Cara membuat:
– Tata ubi di atas wire rack/ rak kawat lalu masukkan ke dalam oven (oven tidak perlu dipanaskan terlebih dahulu). Atur suhu 250°C api atas-bawah selama 50-60 menit. Siap dihidangkan. 

Tips dari penjual ubi, sebelum diolah menjadi apapun sebaiknya ubi dijemur dahulu hingga agak layu, hal ini dimaksudkan agar rasa ubi menjadi lebih manis. 

Selamat mencoba ?
Eits, hati-hati. Jangan kebanyakan makan ubinya, ya. Karena berakibat sering keluar ‘gas’, ups.